Teknologi

Cari Tahu Tentang Ruang Server dan Data Center

Cari Tahu Tentang Ruang Server dan Data Center. Teknologi informasi dari waktu ke waktu terus berkembang.  Perkembangannya pun sangat cepat, hampir dalam waktu singkat kita mendengar perubahan yang terjadi.

Ruang Server

Ruang Server

Baca juga : https://mediacerdas.com/

Hal itu dilakukan para pakar di bidang teknologi informasi tidak lain agar teknologi yang satu ini makin memudahkan pekerjaan yang dilakukan penggunanya. Berbagai hal dikembangkan untuk menghasilkan teknologi yang  bermanfaat.

Ada banyak istilah digunakan dalam teknologi ini. Kadang sebagai pengguna, sering tidak mengetahui apa fungsi dari teknologi itu. Kali ini kita akan membahas dua istilah yang digunakan pada teknologi ini, yaitu:

  • Tempat menyimpan server

Biasanya pada sebuah tempat operasional sebuah perusahaan maupun lembaga lainnya, yang menggunakan teknologi komputer dalam jumlah banyak disiapkan lah sebuah Ruang Server.

Ruang ini berfungsi untuk menyimpan semua hal yang terkait dengan teknologi komputer yang digunakan.  Mulai dari aplikasi  data base yang digunakan serta data base yang digunakan pada perusahaan tersebut.

Di sini juga disimpan berbagai perangkat penunjang lainnya seperti UPS, rute, Connection dan berbagai perangkat lainnya. Ruangan yang digunakan adalah ruangan dengan pendingin, untuk menjaga peralatan agar tidak panas dan rusak.

Ada beberapa Hal yang harus diperhatikan pada ruang penyimpanan ini.

  • Tegangan

Tegangan arus listrik yang digunakan pada ruangan ini harus stabil.  Agar peralatan yang ada di dalamnya dapat terjaga. Untuk masalah kelistrikan yang stabil bisa anda dapatkan menggunakan teknologi yang disediakan oleh Schneider Electric.

  • Suhu dan kelembapan

Ini menjadi hal ke dua yang harus anda perhatikan dalam membangun sebuah Ruang Server. Perangkat ini dapat bekerja optimal pada suhu ruangan tertentu,  jika suhu Terlalu panas perangkat akan mati secara otomatis,  agar terhindar dari kerusakan.

  • Kemanan

Di dalam ruangan ini tersimpan berbagai hal yang tentang perusahaan,  sehingga keamanannya harus terjaga dengan baik. Agar data yang tersimpan aman dan tidak digunakan oleh mereka yang tidak berkepentingan.

  • Pusat Data

Dari namanya maka pusat data atau data center adalah tempat berbagi data yang digunakan perusahaan diproses, diatur, disimpan, serta disebabkan untuk kepentingan sebuah perusahaan atau organisasi.

Jika proses pengolahan data terganggu maka perusahaan atau organisasi akan mengalami kerugian akibat data yang digunakan tidak tepat. Bahkan mungkin dapat disalah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki pusat data ini, yaitu

  • Listrik Stabil

Ke stabilan arus listrik menjadi hal penting agar proses pengolahan data dapzt berjalan sempurna. Tidak terhenti di tengah jalan karena mengalami gangguan arus listrik yang tidak memadai.

  • Keamanan

Di tempat ini tersimpan berbagai hal penting tentang perusahaan. Semua data yang akan menentukan langkah yang akan diambil. Sehingga keamanannya harus terjaga agar data tidak jatuh ke pihak lawan.

  • Prosesor

Karena data center ini terjadi pengolahan data dalam jumlah besar, maka sudah seharusnya prosesor yang digunakan dapat bekerja dengan cepat serta memiliki ruang penyimpanan yang luas.

  • IP Provider dalam jumlah banyak

Sebaiknya sebuah pusat data dapat terhubung dengan banyak IP provider sehingga mempercepat proses data yang diterima maupun yang akan dikirimkan kepada pelanggan atau rekan kerja.

  • Bandwidth

Saat ini segala hal terhubung dengan teknologi internet.  Maka pastikan pusat data yang anda miliki dapat terhubung dengan berbagai hal tersebut.  Sehingga memudahkan proses yang akan dilakukan.

Sebuah teknologi akan terus berkembang,  termasuk teknologi komputer.  Untuk itu memiliki ruang server yang memadai sangat penting untuk menjaga data yang tersimpan dapat digunakan dengan tepat.

About the author

Agus

Saya seorang pecinta literatur dan praktisi digital bisnis.