Teknologi Tutorial

5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan Komputer

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan Komputer

Halo kawan kembali lagi dengan Mediacerdas kali ini kita akan membahas Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan Komputer, sebelum ke cara mari kita simak apa pengertian dan apa saja penyebabnya.

Flashdisk adalah sebuah perangkat penyimpanan eksternal yang banyak digunakan banyak orang. Flashdish umumnya memiliki bentuk kecil yang mudah dibawa kemana-mana dan portable, dan merupakan salah satu penyebab banyak orang menyukainya. Walaupun bentuk fisik flashdisk kecil tetapi memiliki kemampuan yang dapat menyimpan data yang sangat besar hingga kapasitas disk mencapai terabytes (TB).

Flashdisk USB memiliki banyak fungsi setra memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan drive penyimpanan lainnya seperti harddisk. Namun dibalik kelebihan dari flashdisk tentunya memiliki kekurangan, salah satu penyakit yang biasanya sering terjadi pada flashdisk yaitu tidak dapat terbaca di laptop ataupun PC. Penyakit satu ini merupakan hal yang sering menimpa flashdisk, namum saya rasa masih banyak orang yang belum mengetahi cara mengatasinya.

Sebelum kita menuju dan mempelajari Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan Laptop lebih jauh mari kita mencoba mengetahi penyebab-penyebab flashdisk rusak dan tidak mau terbaca di komputer, sehingga kita dapat mencegah agar tidak terjadi error. Berikut ini adalah kebiasaan yang harus dihindari karena dapat menyebabkan flashdisk menjadi cepat error dan rusak.

  • Usia Flashdisk yang sudah tua sehingga memang waktunya untuk ganti yang baru.
  • Langsung mencabut flashdisk dari komputer secara langsung tanpa menggunakan perintah eject dahulu. Hal ini sangat tidak baik dan berdampak buruk pada flashdisk karana saat melakukan pemprosesan data tiba-tiba langsung berhenti mendadak.
  • Terdapat virus yang berada didalam flashdisk yang mengakitbatkan flashdisk tidak terbaca atau tidak terdeteksi oleh komputer.

Diatas merupakan 3 hal yang umum menyebabkan flashdisk tidak terbaca. Saya sarankan jangan melakukan  kebiasaan diatas agar flashdisk kamu menjadi awet dan tahan lama.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan Laptop

Jika flashdisk sudah bener-benar rusak dan tidak terdeteksi oleh laptop, berikut 6 cara yang dapat kamu lakuan untuk memperbaikinya. Selamat mencoba

1. Mengecek Pada Port USB Laptop

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek Port USB pada Laptop atau PC yang kamu gunakan. Ada kemungkinan bisa saja buka Flashdisk yang rusak melainkan Port USB pada komputer sehingga tidak dapat membaca flashdisk yang tercolok. Kamu dapat mengetesnya dengan mencolokan flashdisk pada kompter lainnya apakah terbaca atau tidak.

2. Install Driver Flashdisk

Untuk cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan komputer selanjutnya, berikut ini beberapa langkah yang perlu kamu lakukan.

  1. Hubungkan Komputer dan flashdisk
  2. Masuk ke control panel dan klik device manager.
  3. Lalu cari menu bagian Universal Serial Bus Controller
  4. Lalu pilih icon dropdown > maka akan tampil daftar driver flashdisk.
  5. Kalian dapat melakukan uninstall dan restart komputer lalu coba untuk menginstall kembali drive yang diperlukan.

3. Periksa Drive yang Ada di Komputer

Jika sudah melakukan 2 cara diatas tetapi tetap tidak mau kebaca dan terdeteksei, ada kemungkinan port USB komputer kamu normal. Langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah dengan memeriksa komputer yang digunakan, ada kemungkinan tidak dapat melakukan scan dan mendeteksi perangkat eksternal yang kerkoneksi secara otamatis. Untuk mengatasi masalah tersebut kamu dapat mencoba dengan cara manual, berikut ini tutorialnya :

  1. Pertama colokan flashdisk pada port USB komputer yang kalian gunakan.
  2. Selanjutnya klik menu start kemudian klik control panel
  3. Kemudian pilih opsi Add Hardware / Add Device
  4. Selanjutnya komputer kamu akan melakukan proses scanning untuk mengecek apalah ada drive yang baru terkoneksi. Jika flashdisk kamu memang benar dalam keadaan normal maka akan muncul disana.
  5. Jika sudah terdeteksi dan muncul disana, kemudian silakan kamu pilih Next.

4. Lakukan Pemeriksaan Pada Flashdisk

Jika menggunakan windows sebenarnya sudah ada tools sendiri yang digunakan untuk mengatasi flashdisk tidak terbaca. Cara penggunaan fitur ini tidak terlalu sulit dan telah terbukti mampu mengatasi masalah seperti ini. Berikut langkah-langkah penggunaannya :

  1. Pertama colokan flashdik ke komputer kamu.
  2. Setelah itu buka windows explorer
  3. Kemudian klik kanan pada drive flashdisk lalu pilih properties
  4. Maka akan muncul windows baru, pilih tab tool setelah itu lihat pilihan paling atas lalu klik check now.
  5. Selanjutnya ceklis pada dua opsi yang tampil lalu pilih start. Kemudian komputer akan melakukan proses scanning, jika menemukan masalah umumnya akan langsung teratasi secara otomatis.
  6. Setelah proses scanning telah selesai, selanjutnya coba kamu cek apakah flashdisk sudak berjalan dengan normal dan dapat dibaca oleh komputer.

5. Format Flashdisk Melalui CMD

Jika keempat cara diatas tetap tidak bisa, ada kemungkinan besar masalahnya terdapat pada flashdisk itu sendiri. Untuk mangatasinya kita bisa untuk mencoba melakukan pemformatan atau menghapus seluruh isi data flashdisk tersebut. Cara ini sudah terbukti ampuh dan sudah banyak dilakukan orang dalam mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan komputer. Cara kali ini kita gunakan CMD untuk melakuakn pemformatan.

  1. Pertama colokan flashdisk ke komputer.
  2. Kemudian buka program CMD, kamu dapat mencarinya menggunakan menu start atau menulis “CMD” di run lalu enter.
  3. Silahkan ketik FORMAT H: /FS:FAT kemudian tekan enter. H disini merupakan lokasi dari flashdisk kita, jadi kamu sesuaikan dengan tempat mencolokan pada port USB yang mana, biasanya huruf H, G atau F.
  4. Selanjutnya tunggu hingga proses pemformatan hinggaa selesai
  5. Kemudian cek kembali flashdisk apakah sudah berjalan dengan normal apa tetap tidak terbaca.

Itulah 5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca dengan Komputer yang dapat saya sampaikan, ternyata memperbaiki flashdisk yang rusak tidak terlalu sulit ya. Saya rasa cukup sampai disini pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Jika ada yang kurang jelas atau belum mengerti kamu dapat menuliskan sebuah pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini.

About the author

Farhan Cahyadi

Seorang karyawan percetakan bidang desain dari Lampung yang ingin berbagi ilmu dengan menggunakan blogger

Leave a Comment