Youtube Tutorial

Cara Membuat Thumbnail Video Youtube Lebih Menarik

Halo teman-teman, apakah kamu seorang youtuber atau ingin menjadi youtuber? Kali ini kita akan membahas cara membuat thumbnail video youtube lebih menarik.

Dalam dunia peryoutubean mempercantik tampilan Thumbnail video merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana tidak Thumbnail merupakan tampilan gambar dari video kita sebelum ditonton.

Fungsi thumbnail itu sendiri adalah membuat pengunjung youtube agar tertarik dan menonton video kita, bahkan dapat dipastikan orang-orang yang menonton youtube pertama kali pasti dilihat dari thumbnailnya, jika menarik pasti orang tersebut akan mengeklik dan menonton video kita. Lalu bagaimana cara membuat thumbnail video youtube agar menarik?

1. Menyelipkan Teks yang Membuat Penasaran

Banyak youtuber-youtuber yang menggunakan cara ini dalam video mereka, misalnya dalam gambar thumbnail terdapat kata “Jatuhkan iPhone 11 dari Lantai 10 Hancurkah??” Dari kata Hancurkah pastinya banyak orang yang penasaran bagaimana yang akan terjadi pada iPhone tersebut dan otomati orang tersebut akan mengeklik dan nenonton video kamu.

2. Menggunakan Gambar yang Menarik

Gambar juga termasuk hal yang sangat penting dalam pembuatan Thumbnail Video Youtube, bayangkan jika thumbnail hanya berisi tulisan, pasti orang akan melihatnya biasa aja bahkan akan berfikir kalo video kita adalah video ecek-ecek atau asal-asal yang tidak menarik. Untuk itu kita perlu menyiapkan gambar yang semenarik mungkin, contohnya dalam video Musik DJ di Youtube coba kamu cermati kebanyakan menggubakan gambar cewek cantik dan seksikan? Nah itu akan menambah daya terik sendiri bagi kaum lelaki. Walaupun musik Dj nya tidak enek didengar pasti ada yang mengeklik dan menintonnya (biasanya disebut dengan Klik Bait)

3. Gunakan Gambar Pada Bagian Terbaik dalam Video

Menurut saya cara ini jika dipadukan dengan cara nomer 1 merupakan hal yang sangat tepat. Menggunakan gambar terbaik dalam vedeo dan ditambah dengan teks membikin penasaran akan berdampak sangat postif untuk video youtube kamu, karena ini adalah cara yang sangat efisien dan tidak menipu penonton karena thumbnail saja akan thumbnail benar-benar terjadi dalam video.

Jadi bagaimana menurut kamu, ingin menggunakan cara yang nomer berapa? Cara instan pilihkan nomer 2 tetapi mungkin akan berdampak video mendapatkan komentar negatif, dislike dan jam tanya yang tidak banyak. Atau gunakan cara 3 yang benar benar terjadi dan tidak menipu orang dalam thumbnail saya.

Kesimpulan

Jika menurut saya gunakanlah cara yang 3, karena orang tidak akan kecewa karena tertipu thumbnail saya. Dan itu pun bisa mendapatkan dampak postif juga lo untuk channel kamu, contohnya mendapatkan subcribers baru, mendapatkan like dan komentar-komentar postif.

Jadi apakah kamu sudah mendapatkan pilihan yang tepat untuk membuat Thumbnail Video Youtube di Channel kamu? Saya kira cukup sampai disini artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah ilmu kita. Aamiin.

About the author

Agus

Saya seorang pecinta literatur dan praktisi digital bisnis.

Leave a Comment