Farhan Cahyadi Seorang karyawan percetakan bidang desain dari Lampung yang ingin berbagi ilmu dengan menggunakan blogger

Cara Membatasi Video Youtube Untuk Anak-Anak

1 min read

Cara Membatasi Video Youtube Untuk Anak Anak

Halo semuanya, kembali lagi dengan saya diblog Media Cerdas. Dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial cara membatasi konten Youtube khusus untuk anak-anak.

Khususnya bagi orang tua, pengawasan orang tua terhadap anak dalam menggunakan Gadget tentu harus didampingi apa lagi jika terhubung ke internet.

Youtube menyediakan banyak video dari video khusus anak-anak dari video kartun dan video pembelajaran serta khusus dewasa dari video percintaan dan drama pertengkaran. Dalam hal ini tentunya para orang tua harus cepat bertindak, bagaimana caranya memberikan konten yang tepat untuk anak-anak.

Youtube merupakan salah satu situs plaform steaming video yang sangat populer didunia, bahkan aplikasi youtube pada Android dapat menjadi aplikasi yang harus terinstall.

Banyak sekali video yang bisa kita nikmati di youtube, video klip musik, informasi pengetahuan, video lucu, bahkan video kekerasan pun juga bisa kita dapatkan di youtube.

Contoh kecilnya, coba kamu bayangkan anak kamu sedang melakukan pencarian video dengan kata kunci video lucu, karena tidak ada filter maka semua video dengan kata kunci tersebut akan muncul. Banyak sekali isi dari video lucu yang mengandung hal yang kurang pantas untuk anak-anak, misalnya saja dalam video tersebut terdapat adegan mengerjai dengan kekerasan teman untuk membuat kelucuan. Khawatirnya itu akan dipraktek anak-anak kepada temannya.

Dan untuk mengatasi masalah tersebut YouTube telah menyediakan fitur Mode Terbatas. Dengan menggunakan fitur tersebut orang tua dapat membatasi video dengan konten sensitif dan konten yang mengganggu di Youtube.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan mode terbatas? Ok langsung saja ke tutorialnya.

Cara Membatasi Video Youtube Untuk Anak-Anak
Membatasi Video Youtube

Cara Mengatifkan Mode Terbatas di Smartphone dan Tablet

1. Pertama kamu silakan sign out dari akun youtube, caranya kamu buka pada menu pengaturan diyoutube kemudian klik logout.

2. Kemudian masuk ke pengaturan lagi, klik pada menu general.

3. Maka akan tampil berbagai fitur yang dapat kamu gunakan. Silakan pilih Tap Restricted Mode atau Mode Terbatas, setelah kamu aktifkan maka dengan otomatis akun Youtube kamu akan terfilter.

Cara Mengatifkan Mode Terbatas di Komputer

Tak jarang di jaman sekarang anak-anak sudah mahir menggunakan teknologi seperti komputer, maka ada kemungkianan anak-anak dapat mengakses Youtube pada komputer.

Untuk itu kita sebagai orang tua, juga harus memperhatikan dan bertindak untuk mengaktifkan Mode Terbatas pada komputer juga. Caranya simak dibawah ini:

1. Pertama kita masuk ke situs Youtube.com dan login, setelah itu masuk ke menu pengaturan akun.

2. Kemudian cari fitur mode terbatas dan aktifkan fitur tersebut, setelah itu klik simpan.

Nah itulah tutorial untuk membatasi konten video youtube untuk anak-anak, akan tetapi alangka baiknya orang tua selalu mendampingi dan mengawasi anak-anak dalam mengunakan teknologi dan mengakses internet.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat khususnya untuk para orang tua. Saya akhiri terima kasih.

Farhan Cahyadi Seorang karyawan percetakan bidang desain dari Lampung yang ingin berbagi ilmu dengan menggunakan blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *