Teknologi Tutorial

4 Cara Melindungi Flashdisk Agar Terhindar dari Virus

Cara Melindungi Flashdisk Agar Terhindar dari Virus

Halo teman-teman jumpa lagi dengan saya, Kali ini kita akan membahas tentang 4 cara melindungi Flashdisk agar terhindar dari virus dengan mudah. Sebelum lebih jauh kepembahasan saya akan menjelakan beberapa penjelasan mengenai artikel ini.

Apa yang kamu rasakan dan kamu pikirkan ketika flashdisk tidak terbaca karena terkena virus dan banyak data-data penting yang tersimpan, lalu jalan satu-satunya untuk mengatasinya adalah harus melakukan pemformatan? pastinya pusing dan jengkel kan.

Kejadian seperti diatas sudah banyak dialami oleh banyak orang, salah satunya saya sendiri. Pengalaman saya dulu flashdisk saya sering dipinjam teman-teman saya untuk menyimpan tugas sekolah, alhasil salah satu komputer teman saya ada yang terinfeksi virus dan menular ke flashdisk saya dan akhirnya flashdisk tidak terbaca atau hidden dan parahnya lagi semua data terhapus secara otomatis di komputer saya karena terinstall software anti virus Avira.

Jika mendengar perkataan dokter Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati saya setuju banget. Sebelum teman-teman mengalai kejadian seperti yang saya rasakan, ada baiknya teman-teman semua melakukan 4 Cara Melindungi Flashdisk Agar Terhindar dari Virus. Untuk langkah-langkahnya kamu dapat mengikuti tutorial sebagai berikut :

Cara Melindungi Flashdisk Agar Terhindar dari Virus

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar flashdisk kamu terhindar dari virus dan awet, dan 4 diantaranya akan kita bahas pada postingan kali ini. Ok langsung meluncur ke tutorialnya

Menggunakan Membuat Folder Autorun

  1. Hubungkan flashdisk kamu ke komputer
  2. Kemudian silakan kamu buat folder di flashdisk berinama ” Autorun.inf ” Tanpa tanda Petik
  3. Buat Notepad dan kasih nama ǼƛΩ℈Ж
  4. Lalu simpan di Flashdisk ke folder autorun yang telah kamu buat.

Menggunakan NotePad CHaracter

  1. Pertama kamu masuk kepenyimpanan flashdisk
  2. Kemudian buka Notepad di halaman awal flashdisk, Klik Start Lalu All programs kemudian Accsesories dan Klik Notepad (Jangan di clouse dahulu, diminimize saja)
  3. Selanjutnya buka CHARACTER MAP, Klik Start lalu  ALL programs kemudian Accecories lalu klik System Tools dan Klik CHARACTER MAP.
  4. Setelah berhasil membuka CHARACTER MAP, pilih font yang ada kombinasi unicode seperti  Lucida Sans Unicode atau Arial Unicode. Kemudian Scroll kebawah sampai kamu melihat font Jepang, Korea,Cina, atau simbol atau huruf aneh lainnya.
  5. Pilihlah 4 atau 5 karakter yang kamu inginkan, terus klik copy.
  6. Paste kan chracter yang sudah dicopy kedalam NotePad
  7. Jika sudah, Klik Save NotePad tadi ke FlashDisk, ganti nama file yang akan disave itu dengan nama “autorun.inf” tanpa tanda kutip. Maka icon notepad yang tadi kamu buat akan berubah seperti icon worm AUTORUN.INF yang sering menjalankan virus copy of shorchut.

Menggunakan Antivirus Smadav

Menurut Wikipedia Smadav adalah software anti virus yang dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 yang merupakan siswa dari SMA Negeri Palang Raya, Kalimantan Tengah. Dalam perkembangannya smadav sempat tertunda hingga tahun 2008, smadav dikembangkan bersama-sama para sukarelawan secara daring.

Berikut ini adalah cara melindungi flashdisk agar terhindar dari virus perusak :

  1. Format full flashdisk kamu
  2. Buka Smadav lalu klik Tool dan klik Smad Lock. maka akan tampil tampilan baru di smadav
  3. Pilih Drive tempat Flashdisk kamu berada misalnya Drive/H
  4. Selanjutnya silahkan klik Lock
  5. Setelah itu akan tampil sebuah folder baru di flashdisk kamu dengan nama Smad-Lock, silahkan kamu simpan file penting di Folder tersebut agar terhindar dari virus.

Menggunakan CMD

Selain menggunkan smadav kamu juga dapat menggunakan CMD, akan tetapi untuk melakukannya kamu perlu megerti kode-kode. berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka fitur CMD dengan cara klik Window+R  lalu open cmd atau Klik Start lalu pencarian ketik CMD kemudian klik OK
  2. Masuk ke Drive Flashdisk kamu
  3. Ketik “md autorun.inf\” Tanpa tanda petik lalu tekan ENTER
  4. Kemudaian ketik lagi “md autorun.inf\autorun.ini\aux\\.\\” lalu tekan ENTER

Dengan menggunakan  cara diatas maka Flashdisk kamu sudah kebal terhadap virus. semoga mencoba.

Bagaimana artikel diatas menarik bukan, setelah kita baca-baca ternyata 4 Cara Melindungi Flashdisk Agar Terhindar dari Virus tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Saya rasa cukup sampai disini pada postingan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. sampai jumpa di artikel menarik lainnya yang pastinya bermanfaat.

About the author

Agus

Saya seorang pecinta literatur dan praktisi digital bisnis.

Leave a Comment