Artikel

5 Ini Dia Peranan Bimbel STAN

5 Ini Dia Peranan Bimbel STAN. Bimbingan belajar merupakan seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat membuat pilihan, mengadakan penyesuaian, dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pengajaran atau belajar yang dihadapinya.

Masalah belajar seringkali membawa ketimpangan sosio-psikologis pada diri siswa bahkan mungkin lebih. Bimbingan belajar sendiri adalah upaya guru pembimbing membantu siswa dalam mengatasi berbagai permasalahan belajar saat proses belajar mengajar berlangsung.

Kehadiran bimbel STAN merupakan hal yang sangat penting dalam rangka membantu pelajar agar masuk ke universitas STAN dan mampu melakukan penyesuaian diri dengan tuntutan akademis, sosial, dunia kerja, dan tuntutan psikologis sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

bimbel STAN

bimbel STAN

Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan dari guru/guru pembimbing kepada siswa dengan cara mengembangkan suasana belajar yang kondusif dan menumbuhkan kemampuan agar siswa terhindar dari dan atau dapat mengatasi kesulitan belajar.

Kesulitan ini mungkin dihadapinya sehingga mencapai hasil belajar yang optimal. Hal ini mengandung arti bahwa para pembimbing dalam bimbel STAN berupaya untuk memfasilitasi agar siswa dapat mengatasi kesulitan belajarnya dan sampai ada tujuan yang diharapkan.

Bimbingan belajar dapat dilakukan dengan pemberian informasi kepada siswa baru di sekolah mengenai tujuan sekolah, isi kurikulum, penyesuaian diri di sekolah, cara-cara belajar dan struktur organisasi sekolah. Semua ini diusahakan dalam orientasi belajar siswa.

Disamping itu bimbel STAN juga dilakukan dengan memberikan informasi kepada siswa  dalam hal belajar dan membentuk kelompok-kelompok belajar serta memberikan informasi tentang kemungkinan dan kesempatan untuk melanjutkan studi dan upaya mencapainya.

Dalam pengaplikasiannya, bimbingan belajar ini sendiri mempunyai beberapa peranan dengan kata lain fungsi tersendiri. Dibawah akan dibahas mengenai peranan dan fungsi bimbingan belajar ini, diantaranya ialah:

Fungsi Penyaluran (Distributive Fungction)

Dalam bimbel STAN, fungsi penyaluran berarti menyediakan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan bakat dan minat sehingga mencapai hasil belajar yang sesuai dengan kemampuannya, misalnya membantu dalam menyusun program studi yang tepat.

Fungsi Penyesuaian (Adjustive Function)

Dalam hal ini guru pembimbing senantiasa berupaya untuk membantu siswa menyerasikan program pengajaran dengan kondisi obyektif mereka agar dapat menyesuaikan diri, memahami diri dengan tuntutan program pengajaran yang sedang dijalaninya.

Berdasarkan hal tersebut penyesuaian dalam bimbel STAN memiliki sasaran membantu siswa agar dapat menyesuaikan diri terhadap tuntutan program pendidikan dan juga membantu siswa menyerasikan program-program yang dikembangkan dengan tuntutan ppengajaran.

Fungsi Perbaikan (Remedial Function)

Remedial salah satu permasalahan yang sering dihadapi. Dalam hal ini betapa pentingnya fungsi perbaikan dalam kegiatan pengajaran. Tugas para pembimbing adalah untuk memahami kesulitan belajar, mengetahui faktor penyebab, dan bersama siswa menggali solusinya.

Fungsi Pemeliharaan (Maintencance and Development Function)

Belajar yang senantiasa dipandang positif harus tetap dipertahankan, atau bahkan harus ditingkatkan agar tidak mengalami kesulitan lagi dalam bimbel STAN ini sendiri adalah mengoreksi dan memberi informasi tentang cara-cara belajar kepada siswa yang hendak kuliah.

Fungsi Pencegahan (Preventive Function)

Bimbingan belajar ini sendiri memiliki tujuan untuk mencegah atau mereduksi kemungkinan timbulnya masalah. Contoh yang dapat dilakukan dalam pengajaran diantaranya pemberian informasi tentang silabus, tugas, ujian, dan sistem penilaian yang dilakukan,

Disamping itu bimbel STAN juga menciptakan iklim belajar yang memungkinkan penilaian yang dilakukan, menciptakan iklim belajar yang memungkinkan peserta didik merasa betah diruang belajar dan meningkatkan pemahaman guru terhadap karakteristik siswa.

Itu dia beberapa ulasan mengenai peranan dan fungsi bimbel STAN yang perlu Anda ketahui bersama. Semoga tulisan ini bisa memberikan infomasi dan pemahaman bagi Anda semua yang tengah mencari tahu tentang fungsi dan tugas pokok dari bimbingan belajar ini sendiri.

 

About the author

Agus

Saya seorang pecinta literatur dan praktisi digital bisnis.

Leave a Comment